07 Agustus, 2011

cara belajarmu tipe seperti apa?

sebagai seorang pelajar, pastinya belajar bukanlah menjadi suatu yang asing buat kita. bahkan belajar sudah menjadi rutinitas wajib setiap siswa. dalam proses belajar ini, tiap orang pasti punya kebiasaan atau cara yang berbeda. berikut adalah beberapa cara belajar yang pernah gue amati :

1. SKS [Sistem Kebut Semalam]
SKS biasanya dilakukan buat hal-hal mendadak. contohnya, belajar hari ini buat ulangan besok, belajar pagi buat ujian siangnya, atau bikin tugas buat dikumpul besok. kadang, ada orang yang tidak bisa terburu-buru ketika belajar. tapi, ada juga pelajar yang lebih enjoy dengan SKS ini. sepengetahuan gue, kalau orang yang terbiasa SKS dan dia berhasil dalam hal itu, memorinya akan disimpan dalam short term memory (jangka pendek) dan tentunya ingatannya tidak akan bertahan lama. berbeda dengan orang yang rutin belajar dalam waktu yang lama. memorinya akan disimpan dan bertahan lama dalam long term memory.
2. Belajar rutin
harusnya inilah yang kita lakukan agar ingatan tentang berbagai ilmu pengetahuan bisa awet dalam ingatan. belajar memang tidak perlu lama atau berjam-jam hingga larut malam. tapi belajar butuh proses, biar satu jam sehari kalau dilakukan rutin setiap hari, hasilnya pasti akan lebih baik daripada semua ditumpuk dalam satu waktu.
3. belajar kalo lagi mood
cara seperti ini bisa saja memberi pengaruh yang sangat bagus. kalau sedang mood, seseorang bisa sangat bersemangat dalam pelajaran dan begitupun sebaliknya. tapi guys, gimana kalo kita lagi galau dan mood nggak baik? bisa ancur kan, makanya belajar harus dibawa mood terus. tapi jangan dipaksa juga kalau tau ntar hasilnya gak bakal maksimal.
4. belajar diselingi dengan hobi
nah, ini pasti sering dilakukan teman-teman bukan? belajar sambil denegrin musik, belajar sambil ngemil, atau belajar sambil tiduran (sekaligus istirahat), atau belajar sambil browsing internet. boleh sih, tapi inget jangan sampai kuantitas waktu buat hobi jauh lebih besar dibanding jam belajarnya. misalnya, baca novel lima belas menit sambil belajar tiga menit. ya kalo gitu bukannya nangkep pelajaran malah nangkep jalan cerita di novel jadinya.
5. belajar di tempat paling nyaman.
kalau situasti dan tempat belajar sudah nyaman, otomatis belajar juga akan makin nyaman dan materi pelajaran akan lebih mudah diserap. misalnya, belajar dalam suasana tenang, jauh dari keributan, tempat belajar bersih, dan ditambah dengan fasilitas yang lengkap, pasti lebih TOP!

nah, itu dia beberapa cara belajar yang umum dilakukan siswa. cara belajar kamu yang mana?

Tidak ada komentar: